KPPN MALANG PERINGATI HARI BAKTI PERBENDAHARAAN DENGAN JALAN SEHAT PLUS TEST NARKOBA

 

DSC_0079Perbendaharaan Sehat merupakan  rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bakti Perbendaharaan yang jatuh pada tanggal 14 Januari 2017. KPPN Malang menggelar aksi nyata Perbendaharaan Sehat dengan mengadakan kegiatan Jalan Sehat pada hari Jumat, 27 Januari 2017, yang berakhir dengan acara ramah tamah sarapan pagi bersama. Satuan Kerja Lanal Malang, Lanud Abd. Saleh, Kolatmar, Rindam V/Brawijaya, Polresta Malang, BNN Kota dan Kabupaten Malang ikut berpartisipasi menyemarakkan Jalan Sehat.

Usai jalan sehat, kegiatan dilanjutkan dengan test narkoba. Puluhan pegawai KPPN Malang melakukan test urine untuk pemeriksaan narkoba. Acara digelar di halaman belakang KPPN Malang, diawali dengan pengarahan tentang bahaya narkoba oleh Kepala BNN Kabupaten Malang, Made Arjana dan Kepala BNN Kota Malang, Bambang Sugiharto. Pada kesempatan itu disampaikan bahwa NARKOBA telah menjadi masalah serius bagi bangsa ini. Barang haram ini tanpa pandang bulu menggerogoti siapa saja. DSC_0172 DSC_0195 Para wakil rakyat, hakim, artis, pilot, mahasiswa, buruh, bahkan ibu rumah tangga tak luput dari jeratan narkoba. Dari sisi usia, narkoba juga tak pernah memilih korbannya, mulai dari anak-anak remaja, dewasa, bahkan sampai dengan lanjut usia. Indonesia merupakan ‘surga’ peredaran narkoba. Betapa tidak, jika ditilik dari peringkat peredaran narkoba di dunia, negara kita menempati peringkat ketiga sebagai pasar narkoba terbesar di dunia. Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda dewasa ini kian meningkat Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut, dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini di kemudian hari. Karena pemuda sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa, semakin hari semakin rapuh digerogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf. Sehingga pemuda tersebut tidak dapat berpikir jernih. Akibatnya, generasi harapan bangsa yang tangguh dan cerdas hanya akan tinggal kenangan.Sasaran dari penyebaran narkoba ini adalah kaum muda atau remaja. Kalau dirata- ratakan, usia sasaran narkoba ini adalah usia pelajar, yaitu berkisar umur 11 sampai 24 tahun. Hal tersebut mengindikasikan bahwa bahaya narkoba sewaktu- waktu dapat mengincar anak-anak kita kapan saja. Oleh karena itu, sebagai orang tua, kita disarankan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan anak-anak kita, luangkan waktu untuk memeriksa tas sekolah mereka secara berkala. Dengan upaya ini diharapkan terjalin kedekatan dan keterbukaan anak-anak terhadap orang tuanya sehingga pengaruh negatif narkoba dapat dihindarkan.

DSC_0180Pada akhir pengarahan, sebagai bentuk ucapan terima kasih,Kepala KPPN Malang, Susanto, menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Kepala BNN Kota dan Kabupaten Malang, dimana atas kerjasama yang baik dengan kedua instansi tersebut, KPPN Malang dapat menyelenggarakan kegiatan Test Narkoba ini. Sekitar pukul 10.30 WIB, acara diakhiri dengan pengumuman dan penandatanganan Berita Acara hasil test urine  bahwa seluruh pegawai KPPN Malang dinyatakan negatif narkoba. KPPN Malang….MAJU…JAYA….OKE….!! ( By: WM’17 )