KPPN Malang in action : Bimtek Penyusunan dan Telaah Laporan Keuangan K/L TA 2016

Dalam rangka menghadapi penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun Anggaran 2016 Unaudited serta sebagai tindak lanjut atas pelaksanaan Bimtek Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan Laporan Keuangan K/L Tahun Anggaran 2016 yang telah diselenggarakan pada tanggal 9 s.d. 13 Januari 2017 lalu di Balai Diklat Keuangan Malang, KPPN Malang melaksanaan Bimtek Penyusunan dan Telaah Laporan Keuangan K/L Tahun Anggaran 2017 kepada 153 Satuan Kerja lingkup wilayah KPPN Malang.

Bimtek ini diselenggarakan pada hari Kamis, 19 Januari 2017 di Aula KPPN Malang serta dilaksanakan dalam 2 (dua) sesi. Sesi pagi dimulai pada pukul 08.00 WIB dan diakhiri pukul 11.30 WIB serta sesi siang dimulai pukul 13.00 WIB dan diakhiri pada pukul 16.30 WIB.

Bimtek Penyusunan dan Telaah Laporan Keuangan ini diawali dengan pre-test seputar konsep akuntansi akrual dan prinsip telaah laporan keuangan. Atas hasil pre-test tersebut, peserta dengan nilai terbaik akan diberikan bingkisan menarik sebagai bentuk apresiasi KPPN kepada Satuan Kerja.

Pada pelaksanaan inti kegiatan, Narasumber bimbingan teknis yakni Ndaru Muchtarom Anantadi dan Afifah Az Zahra secara umum menyampaikan materi mengenai proses telaah dan analisis transaksi atas Laporan Keuangan. Pada prinsipnya, telaah laporan keuangan merupakan proses memeriksa laporan keuangan oleh penyusun dan pejabat penyusun laporan keuangan agar dapat diyakini keandalan Laporan Keuangan yang telah disusunnya. Hasil dari seluruh telaah tersebut kemudian dituangkan dalam Kertas Kerja Telaah Laporan Keuangan.

Demikian kegiatan bimtek berlangsung hingga akhir acara dibagikan lembar post-test kepada seluruh peserta. Kegiatan post-test ini dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi tolok ukur kemajuan atas proses pembelajaran yang berlangsung selama kegiatan bimtek.

Dengan dilaksanakannya kegiatan bimbingan teknis selama 1 (satu) hari pada hari Kamis, 19 Januari 2017 ini, diharapkan para satuan kerja dapat menyusun laporan keuangan serta menelaah laporan keuangan dengan lebih baik sehingga mampu menyajikan laporan keuangan dengan lebih andal. Harapan kita adalah harapan besar. Menuju Indonesia yang good governance melalui laporan keuangan pemerintah yang akuntabel, andal, dan akurat. Go Akrual…!! (By: AAZ)