KPPN MALANG ADAKAN TRAINING MANDIRI, DEMI KELANCARAN PENYALURAN DAK FISIK

Sehubungan dDSC_0027engan peralihan tugas penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) kepada Direktorat Jenderal Perbendaharaan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.50/PMk.07/2017 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa, maka diperlukan strategi transisi guna memperlancar proses penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa pada tahun 2017.
Salah satu strategi yang diperlukan adalah dengan mempersiapkan Tools dan kebijakan yang mendukung pelaksanaDSC_0034an penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa. Tools yang telah dipersiapkan oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan adalah Aplikasi SAKTI yang akan digunakan oleh satker Penyaluran DAK dan Dana Desa, serta Aplikasi OM SPAN yang berfungsi sebagai aplikasi yang menghubungkan antara Pemerintah provinsi/kabupaten/kota dengan KPPN dalam hal penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa.
Training Aplikasi OM SPAN yang digunakan oleh KPPN dalam proses penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa telah dilaksanakan pada bulan Maret 2017, sedangkan untuk aplikasi OM SPAN yang akan digunakan oleh Pemerintah provinsi/kabupaten/kota dilaksanakan sesuai jadwal  Training Mandiri oleh KPPN dalam rangka Penyaluran DAK Fisik TA 2017 . DSC_0034
Pemerintah Daerah wilayah kerja KPPN Malang yaitu: Pemda Kota/Kabupaten Malang, Pemda Kota Batu dan Pemda Kota/Kabupaten Pasuruan berkesempatan mendapatkan training mandiri pada hari Kamis, tanggal 18 Mei 2017 di Aula lantai II KPPN Malang. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB. Pada sesi sambutan, Susanto, Kepala KPPN Malang menyampaikan bahwa DAK Fisik dan Dana Desa harus tersalur  dan terserap, untuk itu perlu adanya koordinasi yang berkesinambungan antara KPPN dan Pemerintah Kabupaten/Kota di wilayah kerja KPPN  Malang dengan membentuk grup Whatsapp. Perlu adanya kesamaan pemahaman  dalam melaksanakan peraturan yang berkaitan dengan penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa, dimana KPPN bisa melaksanakan penyaluran dengan benar,  tepat waktu dan tepat jumlah. Sehingga Pemerintah Kabupaten/Kota beserta dinas-dinas terkait dapat melaksanakan kegiatan sesuai rencana  kegiatan yang telah di jadwalkan.
Kegiatan traiDSC_0051ning mandiri berlangsung hingga pukul 12.00 WIB, dimana dengan terlaksananya acara tersebut diharapkan terjalinnya koordinasi dan komunikasi yang baik antara KPPN Malang dan Pemerintah Daerah, meningkatnya pemahaman mengenai DAK Fisik dan Dana Desa serta Meningkatnya pemahaman mengenai penggunaan Aplikasi OM SPAN. Dengan tercapainya indikator keberhasilan tersebut di atas, komitmen KPPN Malang untuk melaksanakan penyaluran Dana DAK Fisik dan Dana Desa  sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan serta akan selalu menyampaikan data penyaluran dengan sarana yang tercepat kepada Pemda dapat terwujud. ( By: WM’17 )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *