Kegiatan Sosialisasi Peraturan Akuntansi dan Update Aplikasi Pelaporan TA 2017

DSC_0001Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara mengamanatkan bahwa laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBN harus disusun dan disajikan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah. Sesuai amanat Undang-Undang Keuangan Negara, Pemerintah telah menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan. Lingkup pengaturan Peraturan Pemerintah tersebut meliputi SAP Berbasis Akrual dan SAP Berbasis Kas Menuju Akrual dimana untuk saat ini penerapan secara penuh mengacu kepada SAP Berbasis Akrual.

Sebagaimana Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), saat ini Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah wajib menggunakan basis akrual dalam penyajian laporan keuangan. Laporan keuangan yang dihasilkan dari penerapan SAP Berbasis Akrual dapat memberikan informasi yang lebih komprehensif dan manfaat yang lebih baik bagi para pemangku kepentingan, baik bagi para pengguna maupun pemeriksa laporan keuangan pemerintah.  Implementasi SAP Berbasis Akrual yang diawali tahun 2015 selalu melalui perkembangan dan penyempurnaan baik terkait pedoman dan ketentuan maupun sistem aplikasi. Pada tahun 2016 lalu, Menteri Keuangan menerbitkan beberapa Peraturan Menteri Keuangan yang mengatur terkait pedoman penyusunan laporan keuangan, kebijakan akuntansi pemerintah pusat, serta penerapan SAP Berbasis Akrual pada pemerintah pusat. Aplikasi yang digunakan satuan kerja dalam penyusunan laporan keuangan mulai SIMAK hingga SAIBA juga selalu melalui proses penyempurnaan. Pada tahun 2017 ini, pengembangan aplikasi terus dilakukan untuk menyempurnakan output dari aplikasi agar semakin dapat menghasilkan laporan keuangan yang andal serta akurat.

Dalam rangka meningkatkan kapasitas pelaku akuntansi dan pelaporan pada K/L dalam mengimplementasikan sistem akuntansi akrual serta dalam rangka menginformasikan ketentuan terupdate pedoman, kebijakan akuntansi, dan sistem pelaporan, Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Ditjen Perbendaharaan melaksanakan sosialisasi peraturan akuntansi dan update aplikasi pelaporan tahun 2017 kepada satuan kerja di wilayah kerja KPPN Malang. Dengan adanya pelaksanaan sosialisasi ini, diharapkan kapasitas sumber daya manusia pelaku akuntansi dan pelaporan pada satuan kerja lingkup KPPN Malang dalam rangka mengimplementasikan sistem akuntansi berbasis akrual menjadi semakin kapabel dan berkualitas.

Kegiatan Sosialisasi Peraturan Akuntansi dan Update Aplikasi Pelaporan Tahun 2017 lingkup Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Malang dilaksanakan pada:
Hari/tanggal : Senin/21 Maret 2017
Waktu : Pukul 08.00 s.d. 15.00 WIB
Tempat : Aula Lantai II KPPN Malang
Narasumber : Susanto (Kepala KPPN Malang)
Dwinanto (Dit. Akuntansi dan Pelaporan Keuangan)
Putu Jaya Permana (Dit. Akuntansi dan Pelaporan Keuangan)
Arif Khusni Effendy (Dit. Akuntansi dan Pelaporan Keuangan)
Moderator : Ndaru Muchtarom Anantadi (Seksi Verifikasi Akuntansi KPPN Malang)
Peserta : 60 (enam puluh) satuan kerja lingkup KPPN Malang
DSC_0014Sosialisasi Peraturan Akuntansi dan Update Aplikasi Pelaporan Tahun 2017 diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara selaku pemandu jalannya acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala KPPN Malang, Bapak Susanto.
Selanjutnya memasuki inti acara yakni pemaparan materi oleh para narasumber yang merupakan tim narasumber dari Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Ditjen Perbendaharaan, serta 1 (satu) orang narasumber dari KPPN Malang yakni Kepala Kantor KPPN Malang.

Penyampaian materi diawali dengan pemaparan mengenai current issue akrual 2017 oleh Kepala KPPN Malang, Bapak Susanto. Secara keseluruhan beliau memaparkan hal-hal mengenai ketentuan penyusunan laporan keuangan dengan terbitnya beberapa PMK baru terkait pedoman dan kebijakan akuntansi akrual serta menyampaikan evaluasi atas penyajian LKKL tahun 2016.

Materi selanjutnya dengan narasumber Bapak Dwinanto selaku narasumber dari Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan membahas mengenai Penerapan Standar Akuntansi Berbasis Akrual. Dengan terbitnya PMK baru yakni PMK 225/PMK.05/2016 tentang Penerapan Standar Akuntansi Berbasis Akrual pada Pemerintah Pusat, maka secara otomatis menggantikan PMK sebelumnya, yakni PMK 270/PMK.05/2014.

DSC_0058Narasumber berikutnya, Bapak Putu Jawa Permana, secara khusus memaparkan teknis aplikasi, yakni aplikasi SIMAK dan SAIBA. Hal-hal terkait ketepatan perekaman transaksi pada menu aplikasi, update yang muncul pada aplikasi terbaru di tahun 2017, hingga perlunya koordinasi yang baik antara operator SIMAK dan SAIBA menjadi penting beliau tekankan agar tercipta kerja tim yang solid hingga pada akhirnya tercapai suatu output kualitas Laporan Keuangan yang andal.

Materi terakhir adalah terkait aplikasi e-rekon yang merupakan aplikasi rekonsiliasi berbasis web yang diluncurkan pada pertengahan tahun 2016. Pemateri terakhir yakni Bapak Arif Khusni Effendy juga merupakan salah satu anggota tim narasumber dari Direktorat APK Ditjen Perbendaharaan.

DSC_0013

Setelah seluruh pemaparan materi dan diskusi selesai dilaksanakan, kegiatan diakhiri dengan evaluasi efektivitas sosialisasi yang berbentuk post-test. Setelah melalui proses penilaian lembar jawaban oleh panitia, diperoleh 3 (tiga) satuan kerja dengan nilai sempurna atau dalam hal ini jawaban benar secara keseluruhan. Tiga satuan kerja tersebut adalah Universitas Brawijaya, BBPP Ketindan, dan BPTP Jawa Timur. Sebagai bentuk apresiasi, tim narasumber dari Direktorat APK dan Kepala KPPN Malang secara langsung menyerahkan reward kepada 3 (tiga) satker tersebut.

DSC_0075

Kegiatan Sosialisasi Peraturan Akuntansi dan Update Aplikasi Pelaporan Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan dan dilaksanakan di KPPN Malang pada hari Selasa tanggal 21 Maret 2017 pada umumnya berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan perencanaan. Adapun indikator keberhasilan acara tersebut antara lain adalah kesesuaian susunan acara dengan realisasi di lapangan serta tingginya frekuensi peserta sosialisasi yang memperoleh nilai baik pada pelaksanaan post test. DSC_0082