DEMI LKPP WTP KPPN MALANG ADAKAN BIMTEK PENYUSUNAN DAN TELAAH LAPORAN KEUANGAN K/L SEMESTER I T.A. 2017

Pemerintah telah menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan sebagai bentuk pelaksanaan atas amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara. Sebagaimana Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), saat ini Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah wajib menggunakan basis akrual dalam penyajian laporan keuangan. Laporan keuangan yang dihasilkan dari penerapan SAP Berbasis Akrual dapat memberikan informasi yang lebih komprehensif bagi para pemangku kepentingan, baik bagi para pengguna maupun pemeriksa laporan keuangan.

Proses penyelesaian penyusunan Laporan Keuangan terus disempurnakan dari tahun ke tahun, baik itu dari segi regulasi maupun aplikasi. Sebagaimana telah kita ketahui, untuk pertama kalinya pada Tahun 2016 Laporan Keuangan Pemerintah Pusat memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Hal ini tentu merupakan suatu output dari proses panjang dan kerja keras seluruh pihak penyusun Laporan Keuangan, mulai dari level paling bawah hingga  paling atas.

Ke depannya diharapkan opini Wajar Tanpa Pengecualian pada Laporan Keuangan 2016 dapat dipertahankan dan diraih kembali pada 2017. Namun hal ini bukanlah tanpa upaya. Banyak perbaikan dan rekomendasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan dilatarbelakangi hal itu, pada hari Selasa, 11 Juli 2017, KPPN Malang sebagai Kuasa BUN di Daerah menyelenggarakan kembali Bimbingan Teknis Penyusunan dan Telaah Laporan Keuangan K/L Semester 1 Tahun Anggaran 2017. Acara diadakan dalam 2 sesi dan dihadiri kurang lebih 135 satker. Dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan pemahaman satker akan penyusunan laporan keuangan meningkat sehingga kualitas Laporan Keuangan satker lingkup KPPN Malang dapat semakin andal, akurat dan akuntabel serta tujuan untuk mempertahankan opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat dapat terwujud. ( By: WM’17 )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *